JAKARTA, Kompas.com - Tim bola basket putra Indonesia dipastikan berjumpa Thailand pada semifinal SEA Games XXVI/2011 setelah menjadi juara Grup B, usai mengalahkan Singapura 80-75 pada pertandingan di Britama Arena Sport Center Jakarta Utara, Rabu (16/11/11). Pasukan "Merah-putih" meraih hasil sempurna, enam, berkat enam tiga kali menang dan tak pernah kalah.

Namun, kemenangan tim asuhan pelatih Rastfari Horongbala atas Singapura cukup  dramatis. Pasalnya, tim Merah Putih sempat tertinggal dalam perolehan angka. Bahkan pada saat pertandingan tinggal satu menit, timnas Indonesia masih tertinggal 68-69.

Namun berkat pengalaman bertanding Ronny Gunawan dan kawan-kawan Indonesia berhasil memegang kendali permainan satu menit terakhir sekaligus menutup kuarter keempat dengan skor 80-75.

Sementara itu bakal lawannya, Thailand, merupakan runner-up Grup A setelah menelan kekalahan telak dari Filipina 69-103. Filipina sendiri sebagai juara Grup A dipastikan akan berjumpa putra Malaysia yang menjadi runner-up Grup B setelah memenangkan pertandingan melawan Myanmar 100-72 (49-36).

Malaysia menempati urutan kedua grup B dengan nilai lima hasil dua kali menang dan sekali kalah. Sebaliknya putra Singapura dipastikan gagal melaju ke babak perburuan medali SEA Games 2011 setelah finish di peringkat ketiga grup B.

Sementara di bagian putri, Filipina dan Thailand bersaing ketat untuk menjadi pemuncak klasemen akhir pertandingan kelompok putri yang menggunakan sistem round robin. Kedua tim sama-sama telah mengumpulkan dua kali kemenangan dengan nilai sempurna empat.

Filipina dan Thailand dipastikan akan bentrok pada pertandingan head to head Jumat (18/11/11) sebelum mengakhiri pertandingan keempatnya Sabtu (19/11/11). Pada pertandingan Rabu (16/11), timnas Thailand mengalahkan putri Malaysia 74-59 dan Filipina mengandaskan Myanmar 57-59.
 

Categories:

Leave a Reply